Ini Penemu Lampu Strongkeng Atau Lampu Petromaks !! Ternyata Seorang Presiden Perusahaan

  • Bagikan
ilustrasi lampu strongking atau petromaks / foto : facebook

Baca Juga – Lampu merupakan sebuah benda yang berfungsi menerangi kegelapan, bayangkan jika tidak ada lampu makan dunia ini akan gelap gulita dimalam hari.

Tapi perlu anda ketahui ada banyak jenis lampu hingga sekarang ini, nama yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah sebuah lampu jadul yang bernama Strongking atau biasa disebut masyarakat di daerah Kalimantan Barat adalah lampu stongkeng.

Sebelum adanya listrik pada jaman dahulu, orang-orang tua kita menggunakan lampu strongking ini sebagai alat penerangan di dalam rumahnya.

Baca Juga : 10 Masjid Terindah di Kalimantan Barat!! Masjid Manakah Diposisi Pertama

Lampu strongking memiliki cahaya putih yang sangat terang, selain itu cahaya penerangannya pun dapat di atur dengan menekan tombol yang ada di bagian lampu.

Tapi di zaman sekarang mungkin keberadaannya sudah hampir tidak ada lagi, karena tidak adanya orang yang membuatnya lagi. Dan walaupun ada memiliki lampu tersebut, mungkin sekarang ini hanya sebagai pajangan di gudang saja. Padahal bisa saja lampu strongking menjadi barang antik yang berharga mahal.

Lampu strongking memiliki harga yang cukup mahal di jamannya, jadi hanya orang yang memiliki cukup penghasilan saja dapat membeli lampu ini. Lampu strongking memiliki beberapa tombol dibagian badannya.

Wah kira-kira apa fungsinya ya, penasara ? nah berikut penjelasannya :

  1. Ada tombol yang berfungsi untuk memompa tangki tertutup (tombol ini terletak dibagian bawah jaring-jaring). Dan perlu anda ketahui juga minyak tanah merupakan bahan bakar dari lampu strongking ini.
  2. Ada tombol yang berfungsi untuk mengatur perubahan bakar minyak tanah (parafin/kerosin) menjadi uap, untuk memanaskan sebuah kaus lampu sehingga dapat terang.

Anda bisa memompanya kembali ketika cahaya lampu mulai padam, sehingga cahaya lampu tetap optimal.

Nah ada yang tau nggak siapa penemu lampu strongking ? wah siapa ya, bikin penasaran aja nih.

  • Bagikan